Mengoperasikan Perangkat Lunak Pengolah Angka

A.  Pengertian

    Perangkat aplikasi pengolah angka adalah program yang difungsikan untuk mengolah data berupa angka. Kemampuan aplikasi ini, antara lain: pembuatan tabel data, pengolahan data dengan melibatkan penggunaan rumus, grafik, dan lain-lain. Dalam hal ini, angka yang sering muncul di bidang bisnis, ilmiah, perencanaan, pembuatan statistik, pembuatan lembar kerja, pengelolaan angka untuk perhitungan sebuah data (basis data) dan grafik.

Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation. Perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. Microsoft memiliki fitur-fitur yang memungkinkannya diintegrasikan dengan aplikasi Microsoft Office lainnya. Microsoft Excel tampil dengan format Workbook yang tersusun atas beberapa sheet. Setiap sheet terdiri atas cell-cell sebagai ruang data.

Kelebihan: 

Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan.

Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya.

Microsoft Excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih.

dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri.

 Kekurangan:

Software pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis.

Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU).

Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.



SELENGKAPNYA TENTANG EXCEL

Memulai program:

Membuka program excel

Membuat file baru = CTRL + N

Menyimpan file = CTRL + S

Membuka file = CTRL + O

Menutup file = CTRL + W

Keluar dari program = ALT + F4


Membuka program excel:

Cara 1

Klik START

All Programs

Microsoft Office

Microsoft Office Excel 2007

Cara 2

Dobel klik shortcut Microsoft Office Excel 2007 pada Desktop


Membuat file baru:

Cara 1

Klik OFFICE button

Pilih NEW

Pilih BLANK WORKBOOK

Pilih CREATE

Cara 2

Tekan tombol CTRL + N


Menyimpan file:

Cara 1

Klik OFFICE Button

Pilih SAVE atau SAVE AS

Tentukan lokasi penyimpanan, misalnya di C:\

Beri nama file

Klik tombol SAVE

Cara 2

Tekan tombol CTRL + S


Membuka file:

Cara 1

Klik OFFICE button

Pilih OPEN

Cari lokasi file yang disimpan, misalnya C:\

Pilih file yang akan dibuka

Klik tombol OPEN

Cara 2

Tekan tombol CTRL + O


Menutup file:

Cara 1

Klik OFFICE button

Pilih CLOSE

Pilih YES jika ingin menyimpan file, jika tidak NO

Pilihan CANCEL untuk batal menutup file

Cara 2

Tekan tombol CTRL + W


Keluar dari program:

Cara 1

Klik tombol (X) berwarna merah di pojok kanan atas

Jika ada pilihan YES-NO-CANCEL, maka

YES untuk menyimpan perubahan data

NO untuk tidak menyimpan perubahan data

CANCEL untuk batal keluar dari program

Cara 2

Tekan tombol ALT + F4


Karakter sel

Pointer mouse

Penunjuk mouse yang berupa tanda panah yang digerakkan oleh mouse

Kursor

Penunjuk sel yang berupa kotak bergaris hitam yang menunjukkan lokasi sel yang sedang aktif dalam sheet yang digerakkan oleh penunjuk arah pada keyboard atau dapat juga menggunakan penunjuk mouse


Penunjuk kursor

Tombol

Fungsi

←↑→↓

Pindah satu sel ke: kiri, atas, kanan, bawah

Enter

Pindah satu sel ke bawah/ selesai mengentri data dalam sel

Home

Pindah ke kolom A

CTRL + Home

Pindah ke sel A1

CTRL + End

Pindah ke posisi kolom dan baris terakhir yang berisi data

Page Up

Menggulung satu layar ke atas

Page Down

Menggulung satu layar ke bawah

ALT + Page Up

Menggulung satu layar ke kiri

ALT + Page Down

Menggulung satu layar ke kanan

CTRL + Page Up

Pindah ke sheet sebelumnya

CTRL + Page Down

Pindah ke sheet berikutnya


Mengubah ukuran sel

Cara 1 : menggunakan mouse

Width: Melebarkan kolom: klik tahan pada sisi kanan kolom

Geser ke kanan untuk melebarkan

Geser ke kiri untuk menyempitkan

Height: Meninggikan baris: klik tahan pada sisi bawah baris

Geser ke bawah untuk menambah tinggi baris

Geser ke atas untuk mengurangi tinggi baris

Cara 2

Width: klik Format > Column Width > isi angka

Height: klik Format > Row Height > isi angka


Menyisipkan sel, baris, kolom

Cara 1

Tempatkan kursor di posisi yang diinginkan

Pastikan buka tab Home

Klik icon Insert (di kanan), muncul pilihan:

Shift cells right = menambah sel baru di kanan

Shift cells down = menambah sel baru di bawah

Entire row = menambah baris baru di bawah (Alt+i àr)

Entire column = menambah kolom baru di kanan (Alt+iàc)

Klik OK

Cara 2

Klik kanan sel, pilih Insert


Menghapus sel, baris, kolom

Cara 1

Posisikan kursor pada sel yang akan dihapus

Pastikan posisi pada tab Home

Klik icon Delete (kanan)

Shift cells left (menghapus sel, lalu geser ke kiri)

Shift cells up (menghapus sel, lalu geser ke atas)

Entire row (menghapus satu baris) (klik kanan+d+r)

Entire column (menghapus satu kolom) (klik kanan+d+c)

Klik OK

Cara 2

Klik kanan sel yang akan dihapus, pilih Delete


Data alpha numerik

Merupakan tipe data berupa teks, meliputi:

Huruf abjad A-Z

Simbol (!@#$%^&*())

Kombinasi huruf-simbol dengan Angka (0-9)

Semua tipe data dapat dijadikan sebagai alpha numerik, dengan cara menambahkan tanda kutip tunggal (‘) di depannya

Number Format: General, Text


Data numerik

Hanya berupa angka (0123456789)

Tanpa ditambahkan dengan simbol maupun huruf

Number Format: Number, Currency, Accounting, Short Date, Long Date, Time, Percentage, Fraction, Scientific


Menyalin data

Menyalin (Copy)

Tempatkan kursor pada sel yang akan disalin

Pada tab Home, klik icon Copy (CTRL + C)

Menuangkan (Paste)

Tempatkan kursor pada sel yang akan diisi

Pada tab Home, klik icon Paste (CTRL + V)

Jenis Paste Special:

Formulas (rumus), Value (nilai), Format, Transpose (kolom-baris)


Number format

General= tanpa format

Number= angka biasa

Currency= simbol mata uang menempel pada angka

Accounting= simbol mata uang rata kiri, angka rata kanan

Short date= tanggal singkat (01/01/2016)

Long date= tanggal lengkap (01 Januari 2016)

Time= jam:menit:detik:milidetik

Percentage= persentase (25%)

Fraction= pecahan (1/3 atau ⅓)

Scientific= sains (102)

Text= memaksa semua jenis data menjadi teks (bukan numerik)


Worksheet

Mengganti nama sheet= klik kanan sheet > Rename

Menambah sheet= klik kanan salah satu sheet > Insert > Worksheet

Menghapus sheet= klik kanan sheet yang akan dihapus > Delete > Yes

Memindahkan sheet= klik tahan sheet > geser ke kanan/kiri > lepas

Menyembunyikan sheet= klik kanan sheet > Hide

Menampilkan sheet yang tersembunyi= klik kanan salah satu sheet > Unhide > pilih sheet yang akan ditampilkan

Menggandakan sheet= klik kanan sheet > Move or Copy > ceklis Create Copy > OK


Penulisan formula

Dimulai tanda sama dengan (=)

Huruf kapital atau kecil tidak masalah

Komponen formula dimulai buka kurung dan diakhiri tutup kurung

Tidak boleh ada spasi

Tanda pemisah antar komponen formula adalah titik koma (;)

Jika setting bahasanya = Indonesia, jika English tandanya koma (,)

Setiap selesai mengetik formula, tekan ENTER

Contoh: =VLOOKUP(C2;A1:A20;2)


Math & Trig

=SUM(number1;number2) menjumlahkan sederet angka, bisa satu baris, satu kolom, bahkan satu range area

=SUMIF(range;criteria;sum_range) menjumlahkan sederet angka dengan kriteria tertentu

Misalnya: menjumlah total harga untuk satu nama barang saja

=SUMIFS(sum_range;criteria_range1;criteria1; criteria_range1; criteria1) menjumlahkan sederet angka dengan banyak kriteria

Misalnya: menjumlah total harga untuk satu nama barang dengan merek dan tipe tertentu seperti barang handphone merek nokia tipe N series


Financial

=DB(cost;salvage;life;period;[month]) menghitung penyusutan metode saldo menurun tunggal

=DDB(cost;salvage;life;period;[factor]) menghitung penyusutan metode saldo menurun

=SLN(cost;salvage;life) menghitung penyusutan metode garis lurus

=SYD(cost;salvage;life;per) menghitung penyusutan metode jumlah angka tahun

Cost=harga, salvage=sisa, life=umur, period=tahun ke


Logical

=IF(logical_test;value_if_true;value_if_false) untuk menilai suatu pernyatan berdasarkan syarat tertentu

Logical test= kondisi yang disyaratkan

Value if true= hasil jika sesuai syarat

Value if false= hasil jika tidak sesuai syarat

=AND(logical1;logical2;…) untuk menggabungkan banyak syarat yang harus dipenuhi semuanya, tidak boleh ada yang tidak sesuai syarat

=OR(logical1;logical2;…) untuk memilih salah satu syarat yang terpenuhi


Text

=LEFT(text;[num_chars]) untuk mengambil data sel dari sebelah kiri

=MID(text;start_num;[num_chars]) untuk mengambil data sel dari bagian tengah

=RIGHT(text;[num_chars]) untuk mengambil data sel dari sebelah kanan

=LOWER(text) untuk mengubah data menjadi huruf kecil

=UPPER(text) untuk mengubah data menjadi huruf kapital

=VALUE(text) untuk mengambil nilai jadi dari sel berisi formula

Text=sel, num_chars=banyak karakter, start_num=karakter mulai


Date

=NOW() untuk menampilkan tanggal dan jam saat ini

Hasilnya: 22/08/2016 18:51

=TODAY() untuk menampilkan tanggal hari ini

Hasilnya: 22/08/2016


Lookup & reference

=HLOOKUP(lookup_value;table_array;row_index_num;[range_lookup]) membaca data dari tabel secara horisontal (baris ke)

=VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;[range_lookup]) membaca data dari tabel secara vertikal (kolom ke)

=INDEX(array;row_num;[column_num]) membaca data dari tabel dengan ketentuan kolom ke dan baris ke

=MATCH(lookup_value;lookup_array;[match_type]) mencocokkan data dengan sumber tabel (satu kolom)


Statistical

=AVERAGE(number1;number2) untuk menghitung rata-rata

=COUNT(value1;…) untuk menghitung banyaknya data berupa angka

=COUNTA(value1;…) untuk menghitung banyaknya data berupa teks

=COUNTBLANK(range) untuk menghitung banyak sel kosong

=COUNTIF(range;criteria) untuk menghitung banyak data dengan satu kriteria

= COUNTIFS(criteria_range1;criteria1;…) untuk menghitung banyak data dengan banyak kriteria

=MAX(number1;number2) untuk mencari nilai tertinggi

=MIN(number1;number2) untuk mencari nilai

=RANK(number;ref;[order]) untuk membuat rangking (teratas/terbawah)


Information

=ISBLANK(value) untuk mengetahui sel yang kosong

Hasil TRUE jika kosong, hasil FALSE jika tidak kosong (berisi data)

=ISERROR(value) untuk mengetahui sel yang formulanya eror

Hasil TRUE jika eror, hasil FALSE jika tidak eror

=ISEVEN(number) untuk mengetahui sel berisi angka genap

Hasil TRUE jika genap, hasil FALSE jika ganjil

=ISODD(number) untuk mengetahui sel berisi angka ganjil

Hasil TRUE jika ganjil, hasil FALSE jika genap

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENYUSUN KEMBALI FORMAT DOKUMEN PENGOLAH KATA